Rabu, 28 September 2011

E-mail Berbasis Web


Pengertian e-mail (yang berasal dari kata electronic mail) kalau dilihat dari segi bahasa penyusunnya berarti surat yang dikirimkan menggunakan media elektronik. Kalau kita tinjau dari kamus istilah computer e-mail artinya surat menyurat melalui Internet. Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja (ilmukomputer.com) Fungsi dari sebuah e-mail yaitu sebagai media komunikasi dengan menggunakan internet yang dapat mengirimkan pesan secara cepat. Setiap pengguna e-mail akan mendapatkan user ID dan password sebagai pengaman.
Sedangkan di dalam e-mail terdapat fasilitas berupa attachment yang merupakan fasilitas pada sebuah program e-mail baik program computer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan dalam kita membuat sebuah e-mail (disini yang kita gunakan adalah dari yahoo.com)
Buka web browser (misalnya internet explorer)
Ketik alamat www.yahoo.com pada address bar Maka akan tampil halaman utama dari yahoo.com


 
Kemudian klik tab mail yang ada pada halaman utama tersebut Akan tampil halaman mail yahoo.com sebagai berikut :




 
Apabila anda belum memiliki e-mail maka daftarkan diri anda untuk mendapatkan fasilitas e-mail gratis dengan klik tombol Sign Up Setelah anda memilih tombol sign up, maka akan tampil halaman registrasi dari yahoo mail untuk form pendaftaran sebagai berikut :





Lanjutkan dengan memilih radio button get yahoo toolbar and search the web from anywhere. Kemudian klik continue Maka anda telah memiliki e-mail yang terdaftar dalam yahoo.com Tampilan halaman utama e-mail anda adalah sebagai berikut :




 
Kemudian klik continue/lanjutkan
Maka anda telah memiliki e-mail yang terdaftar dalam yahoo.com Tampilan halaman utama e-mail anda adalah sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar