Rabu, 28 September 2011

Hardware Untuk keperluan Akses Internet

PERANGKAT KERAS YANG DIGUNAKAN UNTUK AKSES INTERNET
Computer seperti yang sering kita lihat terdiri dari berbagai elemen yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk suatu system yang disebut dengan computer. Elemen-elemen yang digunakan dalam computer digolongkan menjadi 2 jenis yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Perangkat keras atau yang sering kita sebut sebagai hardware merupakan elemen yang terdiri dari peralatan peralatan yang tampak dan terintegrasi dalam suatu system computer sehingga mampu melakukan proses input data, memprosesnya, menyimpan, dan kemudian memberikan output.
Perangkat keras yang pada umumnya dimiliki oleh sebuah PC (personal Computer) yaitu :
Input (keyboard, mouse, scanner, kamera digital, microphone)
CPU (Central Processing Unit)
Memory (RAM, ROM, Floppy disc, hard disc, CD-ROM, DVD)
Output (monitor, printer, LCD)
Sedangkan untuk melakukan proses akses internet, ada berbagai persyaratan peralatan yang harus dimiliki yaitu :

Modem
Modulator and Demodulator. Merupakan piranti untuk keperluan komunikasi data antar komputer yang menggunakan media saluran telepon. Atau Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.

Jaringan Telepon
Jaringan telepon diperlukan sebagai sarana untuk menghubungkan antara computer anda dengan ISP (internet Service Provider) yang menyediakan jasa layanan akses internet.

LAN Card
LAN card atau kartu jaringan adalah suatu alat yang dipasang pada CPU yang menghubungkan antara satu computer dengan computer yang lainnya untuk melakukan koneksi. Sedangkan LAN (Local Area Network) itu sendiri diartikan sebagai sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps. Local Area Network merupakan sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dalam lingkup lokal (tidak bisa diakses oleh jaringan lain). Beberapa jaringan LAN dapat dihubungkan melalui suatu hirarki tertentu hingga membentuk WAN (Wide Area Network).

Hub
Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju. 
Hubungan antar computer dilakukan dengan menghubungkan setiap computer dengan sebuah peralatan yang dinamakan dengan hub. Apabila kita menginginkan sebuah LAN baik itu dalam sebuah rumah, kantor maupun sekolah, maka diperlukan sebuah hub untuk menghubungkannnya. Hub biasanya terdiri dari beberapa jalur computer mulai dari 6, 12, 24 dan seterusnya. Hub dengan memiliki 6 canal hanya bisa menghubungkan 6 buah computer dalam sebuah LAN.

ETHERNET CARD
Ethernet merupakan sebuah standar LAN meliputi kabel dan skema protocol komunikasi yang dikembangkan oleh Xerox Corporation. Sekarang Ethernet menjadi protokol yang banyak digunakan dan diadaptasi oleh perusahaan lain. Ethernet Cable semua kabel media untuk jaringan Ethernet. Contoh Ethernet Cable yaitu kabel jenis 10base5, UTP/STP.
Ethernet card juga sering disebut sebagai kartu jaringan yang biasanya dibeli secara terpisah dengan computer. Secara umum Ethernet card juga disebut sebagai LAN card. Ethernet Card adalah card yang dipasang di komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui jaringan LAN (Local Area Network). Setiap Ethernet Card memiliki MAC Address (Medium Access Control) yang bersifat unik, berarti tidak ada 2 Ethernet Card yang memiliki MAC Address yang sama Ada berbagai macam ethernet card, menurut jenis busnya dibagi menjadi 2 yaitu ISA dan PCI.
Berdasarkan teknik penyambungannya dibagi menjadi :
10Base2 - menggunakan kabel thin coax RG-58 yang berharga murah, berkecepatan 10Mbps.
10Base5- menggunakan kabel thick coax RG-8 yang berharga lebih mahal, berkecepatan 10Mbps dan bisa digunakan untuk komunikasi antar gedung pada jarak 500 meter-an.
10BaseT – menggunakan kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) mirip kabel telepon, menggunakan konektor RJ-45, berkecepatan 10Mbps dalam jarak 200 meter-an.
100BaseT – merupakan teknologi lanjutan dari 10BaseT, berkecepatan 100Mbps & paling banyak digunakan pada LAN pada hari ini. Perlu diperhatikan penggunaan kabel UTP-nya sebaiknya dipilih yang sebaik mungkin seperti menggunakan merek Belden Category 5 (CAT

Pembuatan jaringan dengan ethernet card ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam konektor sesuai dengan jenis ethernet yang terpasang yaitu :
Konektor UTP (RJ-45)
Konektor BNC (thin coax)
Konektor T BNC (thin coax)
Konektor AUI (thick coax)


MODEM DAN ROUTER
Modulator and Demodulator. Merupakan piranti untuk keperluan komunikasi data antar komputer yang menggunakan media saluran telepon. Atau Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya. Berdasarkan bentuk fisiknya, modem dibedakan menjadi 2 jenis yaitu modem internal yang dipasang di dalam computer (CPU) dan modem eksternal yang terletak di luar computer. Sedangkan berdasarkan kecepatan dan cara kerjanya, apakah itu berupa software atau hardware modem. Modem eksternal memiliki keunggulan yaitu portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer, tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal juga memiliki lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kekurangannya yaitu ia membutuhkan ruang diluar computer dan harganya relative mahal. Modem eksternal dipasang dengan menghubungkannya dengan slot USB pada CPU computer. Sedangkan untuk modem internal memiliki keuntungan lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Metode pamasangannya yaitu dengan ditancapkan pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. Modem jenis ini tidak memiliki lampu indicator seperti yang dimiliki pada modem eksternal sehingga kita tidak bisa mendeteksi status modem. Selain itu, modem internal mengambil daya dari power supply yang ada di CPU sehingga membebani CPU dan akibatnya CPU cepat panas.
Router adalah alat penghubung antara LAN dan Internet yang merutekan transmisi antara keduanya. Router juga disebut sebagai alat yang mengartian informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain dengan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasarkan atas alamat tujuan dan alamat asal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar