Rabu, 28 September 2011

Seting agar komputer dapat mengakses internet / localhost (LAN)


Untuk dapat mengakses aplikasi Intranet maka hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
Pertama klik menu Start
Buka "Control Panel"
Double click icon "Network Connections"

 
Selanjutnya akan muncul window baru bernama "Network Connections". Pada window ini anda mungkin melihat lebih dari 1 icon. Right-click icon yang memiliki keterangan sesuai dengan jenis Ethernet Card yang terpasang pada komputer anda dan kemudian pilih menu "Properties"


Ethernet Card yang terpasang pada komputer diatas adalah 3Com 3C905TX. Kemungkinan besar Ethernet Card yang terpasang pada komputer anda akan berbeda dengan contoh diatas. Coba identifikasilah jenis ethernet apa yang terpasang di dalam komputer yang sekarang anda pakai. Kemudian akan muncul window baru dengan nama sesuai dengan icon yang anda double click. Pada contoh sebelumnya, icon bernama "Local Area Connection 2", sehingga window yang muncul bernama "Local Area Connection 2 Properties". Pada window ini, double click checklist bernama "Internet Protocol (TCP/IP)" untuk mengisi setting TCP/IP yang diperlukan pada Ethernet Card anda.
 


 
Setelah itu akan muncul window baru bernama "Internet Protocol (TCP/IP) Properties". Pada window ini, isi setting sesuai dengan gambar dibawah ini.




Kemudian click button "OK" untuk memasukkan isian tersebut dan tampilan akan kembali ke window "Local Area Connection 2 Properties". "Obtain an IP address automatically"  menunjukkan bahwa jaringan Intranet menggunakan DHCP Server yang bertugas untuk memberikan (assign) alamat IP ke suatu komputer. Alamat IP tersebut akan tetap valid selama 1 bulan sepanjang tidak ada penggantian Ethernet Card pada komputer tersebut. Pada window "Local Area Connection 2 Properties", click tab "Advanced" dan check "Internet Connection Firewall" untuk meningkatkan keamanan komputer anda dari serangan jaringan.

 
Selanjutnya click button "Close". Sekarang setting TCP/IP pada Ethernet Card anda telah selesai, silahkan mengakses situs-situs Intranet













Tidak ada komentar:

Posting Komentar